Selasa, 09 Januari 2018

Pembagian Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya

  • Karya Seni Rupa Dua Dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran panjang dan lebar. Karya seni rupa ini hanya dapat dihayati dari satu arah yaitu dari depan. Karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temui dari karya seni rupa seperti berikut ini:
    • Gambar. Perwujudan gambar lebih menekankan pada unsur garis, bentuk, dan aspek kegunaan, tanpa adanya ekspresi. Contohnya seperti gambar Ilustrasi, gambar arsitektur, desain, dekorasi, dan lain-lain. 

    • Lukisan.  Adalah gambar yang mengungkapkan bentuk objektif dengan komposisi dan nilai subjektif melalui ekspresi dan kreatifitas.  


  •  Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
    adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran panjang, lebar dan tinggi atau tebal (mempunyai volume). Karya seni rupa ini dapat dinikmati atau dihayati dari beberapa arah pandang. 
    • Patung. Adalah contoh yang paling mudah dari sebuah karya seni rupa 3 dimensi. Pembuatan patung bisa dibuat dengan menggunakan teknik memahat. Biasanya patung dibuat dari batu, kayu atau benda keras lain yang dipahat dengan indah sehingga menyerupai bentuk manusia, binatang atau bentuk lainnya. 
    •  Kursi Hias. Seni rupa 3 dimensi selanjutnya adalah kursi hias. Jika dilihat dari nilai gunanya, kursi hias ini termasuk benda yang fungsional, yaitu punya fungsi lebih dari 1. Selain memang berfungsi sebagai tempat duduk, kursi hias punya fungsi lainnya yaitu sebagai penambah keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a. Bentuk Kubistis Bentuk kubistis merupakan bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau balok. Benda-benda yang memiliki bentuk kubistis, ...